APLIKASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI
SECARA UMUM
1.1
Pengertian Komunikasi
Secara sederhana,
komunikasi adalah suatu proses dimana individu atau kelompok,
organisasi, dan masyarakat saling melakukan interaksi dengan menggunakan
informasi agar dapat terhubung antara yang satu dengan yang lain. Sedangkan
teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah
struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan
setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi
dengan individu-individu lainnya.
1.
Keluarga
Beberapa elemen penting
mengenai komunikasi dalam keluarga adalah mengenai bagaimana komunikasi itu
dapat tetap berjalan meskipun berada di tempat yang berbeda. Semakin
terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yang
memiliki komputer di rumah mereka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan
menggunakan komputer, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur
keuangan keluarga, mendengarkan musik, menonton video, dan bermain games. Bagi
keluarga-keluarga di negara maju, komputer juga digunakan sebagai alat untuk
berbelanja secara elektronik dengan cara melakukan pemesanan barang secara
on-line dan melakukan pembayaran secara elektronik.
2.
Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, peranan
teknologi komunikasi sangat dirasakan baik oleh para pengajar maupun oleh siswa
atau mahasiswa. Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau
mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di
mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diperoleh melalui CD, power
point dari para pengajar, atau langsung diakses melalui internet seperti metode
e-learning dan lainnya.
3.
Dunia Kerja (Kantor)
Dalam dunia kerja atau
khususnya wilayah perkantoran, rata-rata sudah memiliki komputer. Komputer
banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan administrasi. Apabila
suatu saat diperlukan kembali maka dokumen/file tersebut dapat digunakan
kembali. Selain pekerjaan tulis menulis, di dalam kantor juga terdapat kegiatan
penyimpanan dokumen-dokumen penting. Dokumen-dokumen tersebut disimpan dengan
baik sebagai arsip perkantoran tersebut. Bukan hanya mengenai komputer. Saat
ini di berbagai kantor sudah disediakan absensi elektronik, sehingga karyawan
yang tidak masuk akan lebih mudah diketahui oleh pemimpin di kantor tersebut
4.
Bidang Bisnis dan Perbankan
Peranan teknologi komunikasi
dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan
perbankan adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi,
baik barang maupun jasa. Salah satu alat yang sangat terlihat dalam membantu
para nasabah adalah Automatic Teller Machine atau yang lebih dikenal dengan
ATM. Saat ini ATM sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia,
sehingga dapat semakin memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi tunai atau
pemabayaran lain.
5.
Bidang Kedokteran
Pada bidang kedokteran,
komputer banyak digunakan untuk membantu para dokter dalam berbagai hal,
misalnya memeriksa, mendiagnosa, dan menentukan penyakit pasien dengan
memasukkan data-data keluhan pasien ke dalam sistem komputer, menentukan jenis
terapi dan pengobatan berdasarkan informasi dari sistem komputer, mempercepat
proses uji laboratorium pasien, memantau kondisi pasien (denyut jantung, suhu,
dan tekanan darah pasien), dan lainnya.
6.
Kehidupan Wanita
Saat ini teknologi informasi
dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu
besar. Wanita sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan juga ikut
memiliki peran dalam dunia teknologi dan komunikasi, entah itu sebagai pengguna
maupun lebih jauh lagi sebagai pengembang. Seiring dengan perkembangan jaman
peran wanita dalam kehidupan semakin kompleks dan penting, ketika dulu wanita
dikenal hanya sebagai konco wingking (dalam bahasa Jawa yang berarti teman
dibelakang atau teman dirumah saja) namun kini pada perkembangannya wanita
telah muncul menjadi sosok penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran
wanita dalam kehidupan yang makin kompleks tersebut sudah barang tentu harus
diikuti pula dengan kemampuan wanita untuk beradaptasi dengan kebutuhannya,
diantaranya yaitu kemampuan untuk menggunakan berbagai perangkat teknologi
informasi. Ketika seorang wanita masih kecil/anak-anak dia akan mengenal dunia
luar, dan dengan teknologi yang makin canggih dia akan mampu mengetahui hal
yang lebih banyak yang mungkin belum diketahui oleh orang tuanya, disinilah dia
dapat berperan dalam pemberian informasi bagi keluarganya. Kemudian pada wanita
yang telah dewasa, dimana dia menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya,
peranannya sebagai wanita juga makin besar, selain menjadi pendamping suami dia
juga berperan sebagai guru pertama bagi anak-anaknya. Peranan teknologi
informasi dan komunikasi dalam kehidupan wanita tidak sebatas pada tataran
wanita sebagai pengguna maupun sebagai obyek dari pengembangan teknologi, namun
lebih dari itu wanita telah berkembang menjadi subyek dari perkembangan
teknologi informasi.
1.2
Contoh Contoh komunitas yang ada
KOMUNITAS
makhluk sosial yang cenderung senang berkumpul dalam suatu wadah ataupun
kelompok dengan kesamaan pekerjaan, hobi, minat, ataupun gaya hidup. Selain
itu, fenomena komunitas ini didorong oleh kemajuan teknologi informasi yang
pesat, kian masifnya pemanfaatan internet dan ponsel yang kian canggih, dan
terus berkembangnya teknologi jaringan sosial, seperti friendster dan blog.
Komunitas
yang dibentuk dapat berupa komunitas nyata, bisa juga komunitas maya (virtual). Komunitas nyata
bisa berupa klub-klub yang menampung keinginan dan kebutuhan masyarakat mulai
dari komunitas hobi sampai komunitas professional. Komunitas maya dapat berbentuk
mailing list, SMS, atau pun situs komunitas di internet.
Sebagai
contoh, Simpati Zone merupakan komunitas bagi para pelanggan Telkomsel.
Komunitas ini terdiri dari komunitas nyata juga maya yang menyuguhkan fasilitas
yang beragam dan menarik.
1.3
Teknologi Komunikasi
Teknologi
Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur
organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu
mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan
individu-individu lain.
1.3.1
Yang mendasari sesuatu hal dapat
digolongkan ke dalam teknologi komunikasi
1.
Teknologi komunikasi dapat
diimplementasikan dalam suatu alat
2.
Teknologi komunikasi dilahirkan oleh
sebuah struktur sosial, ekonomi dan politik.
3.
Teknologi komunikasi membawa nilai
yang berasal dari struktur ekonomi, sosial dan politik.
4.
Teknologi komunikasi meningkatkan
kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.
1.3.2
Ruang teknologi komunikasi dalam
masyarakat
Teknologi
komunikasi telah berkembang sehingga tidak ada masyarakat modern yang mampu
bertahan tanpa komunikasi. Perkembangan teknologi turut memberikan arti yang
sangat penting dalam bidang komunikasi dan interaksi sosial dapat berlangsung
dan tercipta tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Peran komunikasi sebagai
penggerak interaksi sosial dalam masyarakat dapat terus ebrkembang dalam setiap
aspek kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk memenuhi kepentingan dan
kebutuhan individu maupun kelompok. Teknologi komunikasi dilihat sebagai
keberadaannya yang unik dan objektif mengalami perkembangan demi kebutuhan
manusia dari segi pemanfaatan teknologi komunikasi itu sendiri.
Manfaat Teknologi
Komunikasi : Menyampaikan Informasi,Menghibur, alat komunikasi , mengolah data,
media pembelajaran,mempermudah pekerjaan,pengetahuan , penyampaian data, bisnis
dll ..
BAB II
KOMUNITAS VIRTUAL
2.1
Pengertian Komunitas Virtual
Secara
umum arti virtual adalah “yang tidak nyata, maya”. Komunitas virtual adalah
kumpulan atau sekelompok orang yang muncul berdasarkan adanya kepentingan yang
sama oleh berbagai pihak dan timbulnya interaksi secara berkesinambungan oleh
pihak-pihak yang terlibat dalam komunitas tersebut.
2.2
Komunikasi Virtual
Komunikasi
virtual atau virtual communication adalah komunikasi (proses penyampaian dan
penerimaan pesan) menggunakan (melalui) cyberspace / ruang maya yang bersifat
interaktif. Komunikasi virtual tidak dapat lepas dari sebuah media internet
yang menggunakannya sebagai alat komunikasi. Dikatakan begitu karena saat ini
manusia tidak perlu lagi berkomunikasi pada waktu, tempat yang sama. Dalam
komunikasi virtual, memungkinkan seseorang berinteraksi tetapi sebenarnya
mereka tidak berada secara wujud di tempat itu. Melakukan komunikasi
menggunakan internet, dapat dibedakan menjadi dua jenis komunikasi yaitu :
1.
Asynchronous communication
(komunikasi melalui media internet dengan pengirim dan penyampai pesan dalam
berinteraksi tidak berada pada kedudukan tempat dan waktu yang sama, namun
pesan tetap sampai pada tujuan / sasaran (penerima)),
2.
synchronous communication
(komunikasi melalui internet dengan interaksi yang bersamaan waktunya).
Menurut
jenisnya komunikasi virtual dapat dibedakan menjadi tiga model yaitu email,
chatting, serta web.
1.
E – mail
Kata e-mail terdiri dari dua
suku kata yaitu ‘e’ dan ‘mail’. ‘e’ berarti electronic, dan ‘mail’ berarti
surat. Sehingga e-mail dapat dikatakan mengirim surat melalui media elektronik
internet. Karena pada dasarnya e-mail sama dengan surat biasa (snail mail) yang
harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya.
2.
Chatting
Chatting merupakan salah satu
fasilitas yang diberikan internet, dimana kita dapat berkomunikasi secara interaktif
dengan satu orang atau lebih secara on-line.
3.
Web
Web dapat diartikan sebagai
tempat memajang informasi secara on line & bersifat virtual (maya) yang
memiliki kaitan (link) informasi tidak terbatas. Berdasarkan informasi yang
disampaikan, web dapat dibedakan menjadi tiga macam :
a.
Informasi umum (berita on line, info
pelayanan umum dan sebagainya)
misalnya : kompas.com,
liputan6.com
b.
Informasi khusus (web dengan isi
informasi tentang suatu lembaga, atau informasi dalam berbagai kategori)
misalnya : deplu.co.id,
depkominfo.go.id
c.
Informasi komersial
misalnya : kapanlagi.com
Menurut
jenisnya web dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu official web (website
resmi yang dimiliki oleh lembaga), dan unofficial web (web tidak resmi yang
dimiliki secara personal atau perorangan, seperti “blog”).
2.3
FENOMENA KOMUNITAS VIRTUAL
Fenomena
komunitas merek yang berkembang di dunia internet atau virtual akhir-akhir ini
semakin marak dan hal ini dapat didayagunakan bagi pemasar produk. terutama
bagi produk yang berkaitan dengan teknologi. Salah satu komunitas merek virtual
yang berbasis bahasa Indonesia adalah komunitas Mac Club Indonesia (MCI).
Penelitian ini menggunakan teknik in-depth interview yang dikonfirmasi dan
diperkuat dengan metode content analysis. Hasil dari in-depth interview pada
anggota komunitas virtual MCI yang pertama adalah motivasi terbentuknya
komunitas yang berawal dari kesamaan preferensi atas Macintosh, kesulitan
teknis yang dihadapi, dan kesamaan karena menjadi minoritas. Kedua adalah
moderator dalam komunitas virtual MCI berperan sebagai pemberi ijin (approval)
dan referensi (reference). Ketiga adalah anggota memiliki beberapa motivasi
(alasan) berbeda untuk mengikuti komunitas virtual MCI. Keempat adalah dampak
keikutsertaan anggota dalam komunitas virtual MCI terhadap para anggota adalah
loyalitas tinggi terhadap merk Macintosh dan persepsi kualitas Macintosh yang
lebih baik. Kelima adalah anggota komunitas menerima manfaat fungsional dan
manfaat sosial (functional usefulness dan social usefulness) melalui komunitas
virtual MCI sehingga membuat anggota bersedia membentuk komitmen.
2.4
MANFAAT DARI KOMUNITAS VIRTUAL
1.
Bermain musik di dunia virtual
Bermain musik di dunia virtual
secara sederhana dapat dengan mudah dipelajari.Dengan membunyikan tuts-tuts
nada dan menghapal nya,atau kita dapat memainkan lagu sesuai dengan irama
sebagai mana aslinya di dunia nyata.
2.
Komunikasi bisa terjalin dengan baik
Karena kesibukan masing-masing
maka komunitas virtual bisa berkomunikasi dengan lancar melewati internet.
3.
Dengan ditemukannya berbagai
teknologi oleh para penciptanya, maka kehidupan manusia saat ini sudah banyak
dimudahkan.
4.
Sharing pengetahuan, pengalaman,
dll.
5.
Dari pertemuan dalam dunia maya,
banyak pengetahuan yang diperoleh.
6.
Pebisnis dapat mengiklankan
produknya dan bahkan melakukan transaksi melalui komunitas ini.
7.
Komunikasi yang terjadi, tidak
menggunakan biaya yang mahal, untuk mendapatkan informasi yang banyak.
8.
Menemukan teman/relasi baru, bahkan
sebagai biro jodoh.
2.5
DAMPAK & KONSEKUENSI PENGGUNAAN
TEKNOLOGI DAN INFORMASI
Untuk
mengetahui pengaruh faktor konsekuensi jangka panjang dengan pemanfaatan
teknologi informasi Thompson et al (1991) mengembangkan enam instrumen yaitu:
1.
Menggunakan teknologi informasi
menjadikan pekerjaan lebih menantang
2.
Menggunakan teknologi informasi akan
meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan tugas yang lebih disukai dimasa
mendatang.
3.
Menggunakan teknologi informasi
membuat pekerjaan lebih bervariasi
4.
Menggunakan teknologi informasi akan
meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih penting sehingga
dapat menerapkan kemampuan yang dimiliki
5.
Menggunakan teknologi informasi akan
meningkatkan kesempatan untuk melakukan tugas yang berbeda
6.
Menggunakan teknologi informasi
dapat meningkat kesempatan untuk meraih posisi yang lebih baik.
2.6
Contoh Komunitas Virtual
1.
Komunitas virtual para pengacara
yang saling mendiskusikan berbagai kasus-kasus hukum;
2.
Komunitas virtual para programmer
yang membahas teknik-teknik pemrograman yang baik dan berkualitas;
3.
Komunitas virtual para pengembang
software yang membahas dan mengembangkan software open source;
Prinsipnya
adalah bahwa seseorang biasanya berniat untuk berpartisipasi di dalam sebuah
komunitas virtual jika yang bersangkutan memiliki permasalahan tertentu. Dengan
berpartisipasi di dalam komunitas virtual, yang bersangkutan biasanya
mengharapkan adanya “jawaban” terhadap permasalahan yang dihadapi, melalui
interaksi dengan anggota-anggota lain.
2.7
Manfaat Komunitas Virtual
Banyak
manfaat yang bisa didapatkan dari komunitas virtual. Yang paling utama adalah
informasi terbaru yang ada bisa langsung tersebar setiap waktu. Sebuah
komunitas virtual bisa saling bertukar pikiran atau hanya sekedar memberi kabar
pada sesama anggotanya. Dunia internet yang sudah menjadi bagian dari beberapa
kalangan masyarakat, menjadikan komunitas virtual sebagai sarana untuk saling
berkomunikasi. Komunitas virtual mampu menciptakan suatu manfaat yang sangat
baik bagi setiap anggotanya. Dalam komunitas ini akan tercipta garis sama rata
antar para anggotanya. Dalam komunitas ini jenjang sosial yang sering terlihat
jelas di masyarakat kita akan hilang karena siapa saja bisa bergabung. Dalam
komunitas fotografi misalnya, anggota di dalamnya bisa saling berbagi
pengetahuan dalam hal kamera, teknik foto, ataupun informasi bila ada anggota
yang menjual alat-alat fotografi.
Manfaat
yang bisa didapatkan juga bisa merupakan kepuasan bagi anggotanya. Ketika
komunikasi yang terjalin semakin sering terjadi, akan membuat orang-orang di
dalam komunitas tersebut menjadi kritis tetapi tidak membuat suasana dalam
komunitas tersebut menjadi rusak, melainkan mencapai suatu hasil yang bisa
disetujui bersama oleh anggota komunitas. Dengan adanya komunitas virtual,
orang akan meninggalkan kebiasaan buruknya dan lebih aktif dalam komunitasnya.
Selain
semua itu, dalam suatu komunitas virtual setiap anggotanya bisa menjadi lebih
mengetahui perkembangan dunia yang semakin maju. Saat mereka menjadi bagian
dari suatu komunitas, maka keinginan untuk menggunakan internet akan semakin
meningkat dan membuat mereka lebih merasa bermanfaat dengan bergabung dalam
komunitas tersebut.
BAB III
BLOG DAN WIKI
3.1
Pengertian Blog
Blog
merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu
sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
3.2
Pengertian Wiki
Wiki
adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau
mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software
kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Setelah disusunnya makalah ini
dapat disimpulkan bahwa :
1.
Karena sangat pentingnya komunikasi
dalam kehidupan kita maka sangat penting pula alat komunikasi dalam kehidupan
kita di masa kini.
2.
Seiring dengan berkembangnya
teknologi informasi dan komunikasi maka layanan informasi dan komunikasipun
semakin cepat dan mudah. Hal tersebut menuntut manusia untuk memiliki alat
komunikasi yang mendukung semua itu.
3.
Selain media elektronik dan media
cetak dengan perkembangannya, jaringan seluler dan internet merupakan alat
komunikasi masa kini yang lebih maju dalam perkembangannya
0 komentar:
Posting Komentar