Identitas

IDENTITAS


Kata identitas berasal dari bahasa Inggris identity yang memiliki pengertian harfiah; ciri, tanda atau jati diri yang melekat pada seseorang, kelompok atau sesuatu sehingga membedakan dengan yang lain. Tingkah laku tersebut terdiri atas kebiasaaan, sikap, sifat-sifat serta karakter yang berada pada seseorang sehingga seseorang tersebut berbeda dengan orang yang lainnya.

Identitas Diri dan Dunia Maya
Identitas diri kadang dan lebih seringnya dilihat sebagai informasi sederhana tentang seseorang. Identitas diri bisa menjadi kebanggaan atau malapetaka. Itulah mengapa banyak orang bangga dengan identitas diri, tetapi juga banyak yang menutupinya. Filsuf informasi terkenal, Floridi mengatakan kita saling membangun identitas dan itu mempersulit kita membangun identitas diri. Guru yang memarahi siswanya di dalam kelas membangun identitas buruk si siswa tetapi si siswa tidak bisa mengontrolnya. Demikian pula anak buah mampu membangun identitas pimpinannya tanpa si pimpinan mampu mengontrolnya. Bisa saja seorang kepala negara membangun identitas negara atau kepala negara lain. Osama Bin Laden adalah orang yang diberikan identitas oleh orang lain tanpa dia bisa mengontrolnya dan identitasnya kemudian mempengaruhi organisasinya. Demikian pula presiden Korut. Kita tidak mendapatkan identitas dari Kim Jong-Un sendiri tetapi dari orang lain.
Dalam dunia maya atau infosphere online game, second life, dan jejaring sosial, identitas seseorang juga dipengaruhi lingkungannya. Menurut filsuf informasi terkenal Floridi komunitas online merupakan jaringan dinamis dan interaktif dimana individu tidak dapat berdiri sendiri tetapi menjadi bagian dari komunitas. Infosphere bukan lagi merupakan media, tetapi lingkungan dimana komunitas maupun individu terus membentuk identitas. Identitas dalam facebook atau email tidak selalu sama dengan identitas asli. Dalam online gaming, identitas seseorang diganti sendiri oleh pemilik. Karena teknologi mampu mempengaruhi membran pasca-kesadaran dan hubungan online mampu menceritakan siapa diri kita menurut komunitas, maka dunia maya benar-benar mampu mempengaruhi identitas diri.
Dalam game online kita bisa memperkenalkan diri sebagai seorang pria, meskipun kita wanita, atau sebaliknya. Yang menarik adalah karena dari pertemuan online bisa berlanjut ke pertemuan offline di alam nyata. Identitas diri bisa berbeda di dunia maya tergantung bagaimana kita menciptakannya. Namun identitas diri selalu berkaitan dengan komunitasnya. Komunitas memberikan kita identitas dan kita memberikan mereka identitas. Ada yang senang, ada yang marah, ada yang galau.

Defini singkat Identitas Online
Bila kita terkoneksi dengan banyak hal terutama di kehidupan online, kita akan membentuk jati diri baru, yaitu identitas online. Identitas online ini, bagi sebagian mereka paling tidak merupakan perwujudan dari identitas offline atau keseharian. Dengan demikian identitas online merupakan identitas seorang manusia di kehidupan dunia mayanya.

Contoh Identitas Online: Avatar
Avatar adalah gambar kecil yang digunakan sebagai penanda diri atau penanda sebuah blog, avatar biasanya berupa foto wajah atau sebuah logo. Dengan avatar ini diharapkan akan menarik perhatian seseorang jika kita membuat sebuah profil, penggunaan avatar sekarang yang populer adalah pada komentar blog, terutama wordpress, yaitu sebuah gambar kecil di samping nama user.
Dalam satu dasawarsa terakhir, budaya visual khususnya fantasi memvisualisasikan diri merupakan unsur yang dominan di dalam realitas bekerjanya sistem cybernetic. Pengunaan icon dari bentuk ekspresi diri yang sederhana (smiley) hingga kreasi imajinatif merupakan unsur yang dominan di dalam cyberculture. Aplikasi surat elektronik (email) yang fasilitasnya disediakan secara gratis oleh provider besar semacam; Yahoo, MSN, Gmail, dan lain-lain, merupakan pintu masuk yang paling sederhana bagi setiap orang untuk mengeksplorasi praktik visualisasi diri, khususnya ketika forum-internet melalui fasilitas ‘chat-room‘ berkembang. Avatar, sebagai suatu bentuk imajinasi visualisasi diri semula merupakan ‘praktik estetis’ yang sirkulasinya terbatas hanya pada mereka yang memiliki skills dan akses yang luas pada praktik teknologi komputasi berbasis internet. Kamus ensiklopedia ‘on-line’ wikipedia menjelaskan avatar sebagai:
a)        suatu representasi diri pengguna internet baik yang bersifat 3D (3 dimensi) seperti yang diaplikasikan dalam game komputer
b)        icon-2D (2 dimensi) yang digunakan dalam forum internet;
c)         konstruksi teks yang pada mulanya dikenal dalam sistem MUDs (Multi-User Dungeons), yakni suatu permainan (game) komputer yang mengkombinasikan elemen-elemen ‘role-playing‘, game berkarakter ‘hack and slash‘ (memuat unsur kekerasan), dan ruang ‘chat‘ atau obrolan sosial.
Pengertian avatar secara literal diambil dari terminologi Sanskerta yang kemudian diambil ke dalam tradisi bahasa Yunani dan Latin yang bermakna ‘penampakan spiritual’ (‘incarnation‘, dalam bahasa Inggris). Adalah Neil Stephenson yang pertama kali mempopulerkan istilah avatar ini ke dalam komunitas cyber melalui novel ber-genre cyberpunk yang terkenal Snow Crash pada tahun 1992.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Saya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Nama saya adalah Riswan. Yang dari lahir sampai saat ini, orang tua dan hampir semua orang yang kenal saya biasa memanggil dengan sebutan Riswan, namun tak jarang pula beberapa teman usil yang memanggil dengan nama yang aneh. Dan itu bukan masalah bagi saya. Saya dilahirkan di Makassar pada tanggal 10 April 1992 dan saat ini sedang melanjutkan study di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Professional Makassar yaitu di jurusan Sistem Informasi. Saya adalah tipikal orang yang serius dan terkadang terkesan cuek dimata teman-teman. Tetapi sebenarnya saya adalah orang yang selalu ingin berteman dengan siapapun dan senang bercanda. Dan mungkin kecuekan dan kedinginan itu muncul karena saya sedang serius melakukan sesuatu. Sedikit perfeksionis dan minimalis, itulah saya dimata saya. Terkadang saya menjadi sosok yang amat tenang, tetapi seketika itu pula saya dapat menjadi orang yang tergesa-gesa. Terkadang saya juga menjadi orang yang tidak Sabaran, Egois, dan Cepat Emosi. Ya, tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi saya selalu mencoba menjadi orang baik dengan senang membantu siapa pun, ramah tamah apa lagi kepada orang yang lebih tua kepada saya, suka menghargai orang lain karena sebelum kita menghargai diri kita sendiri maka terlebih dahulu hargailah orang lain jika kita menghargai orang lain maka orang lain pun akan menghargai kita, selain itu saya juga senang membuat orang tertawa karena sungguh salah satu kebahagiaan di dunia ini yang saya rasakan adalah ketika kita dikelilingi oleh orang-orang yang bahagia tapi Jujur saja saya sangat tidak suka dengan orang yang sifatnya aneh, plinplan dan tidak jelas. Mengenai hobby, saya paling suka mendengarkan musik dan menonton sepakbola. Kemudian untuk tokoh yang paling saya gemari. Saya sebenarnya memiliki banyak tokoh-tokoh yang menjadi inspirator dan motivator di hidup saya, namun satu yang selalu di hati saya setelah Rasulullah SAW –Idola semua manusia–, yakni Ibu saya. Beliau adalah salah satu motivator yang sangat berpengaruh besar di hidup saya. Harapan saya ingin menjadi orang sukses dan membanggakan kedua orang tua saya dan semua orang di sekeliling saya, saya akan berusaha dengan keras , saya ingin mereka bangga dengan saya. Mungkin hanya sekian lampiran tentang deskripsi diri saya. Saya ucapkan terimakasih………. Wassalamu‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh